Minggu, 17 Juli 2011

Bahasa Tombulu: Pemilik dan Kata Ganti Pemilik


Bahasa Tombulu memiliki kata ganti pemilik sebagaimana bahasa-bahasa lain. Hal itu dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Pemilik
Arti
Kata Ganti Pemilik
Contoh
Arti

Nyaku

Saya/aku

ku
Anuku
Waleku
Karayku
Milikku
Rumahku
Bajuku

Niko

Engkau

mu
Anumu
Walemu
Karaymu
Miliknya
Rumahmu
Pakaianmu

Sia

Dia/ia

na
Anuna
Walena
Karayna
Miliknya
Rumahnya
Pakaiannya

Kamu

Kamu

niow
Anuniow
Waleniow
Karayniow
Milik kamu
Rumah kamu
Pakaian kamu

Kai

Kami

nai
Anunai
Walenai
Karaynai
Milik kami
Rumah kami
Pakaian kami

Sera

Mereka

nera
Anunera
Walenera
Karaynera
Milik mereka
Rumah mereka
Pakaian mereka

5 komentar:

  1. mungkin harus dibedakan antara bentuk possessive adjective dan possessive pronoun (seperti dlm bhs Inggris / Perancis) ?:
    waleku my house/ma maison anuku mine/mien,
    mienne
    asuna his/her dog/son chien anuna his,hers/
    sien, sienne
    Niitu e mbaleku it is my house/c'est ma maison Niitu enanuku It's mine / C'est mien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini sebenarnya yang diharapkan sesuai keinginan pembuatan blog ini. Terus terang pemahaman admin tentang Tombulu sangat terbatas sehingga mengharapkan partisipasi yang lain untuk terlibat. Saya telah mencoba mengajak beberapa teman yang kiranya paham Tombulu tapi sampai saat ini tidak ada respon. Saya sangat bersyukur jika Saudara mau ikut terlibat dalam melestarikan Tombulu apalagi ikut posting di blog ini. Terima kasih.

      Hapus
  2. Wow. Mirip sekali dengan Bahasa Bisaya / Cebuano.
    Teman saya dari Pulau Negros di Filipina dan baru saja hari Jumat yang lalu dia menceritakan pada saya mengenai Bahasa Bisaya. Seperti misalnya "dia" itu dalam Bhs Bisaya "sya".
    Ngomong², apakah Bhs Tombulu itu tdk membedakan antara "kami" dan "kita"?
    Maaf Bhs Indonesia saya tdk begitu lancar. :(
    Saya kagum sekali akan karya Saudara mengusahakan pelestarian Bhs Tombulu.
    Ayah saya sendiri bisa Bhs Tombatu sedikit. Sayangnya tdk begitu lancar..
    Keep up the great work!
    Salam,

    Xolang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembedaan antara "kamu" dan "kita" dalam bahasa Tombulu memang ada. Tapi seingat saya untuk "kamu" tetap dipakai "kamu" sedangkan "kita" digunakan "kai". Terus terang bahwa saya dilahirkan dan dibesarkan dalam keluarga berbahasa Tombulu tapi sudah 23 tahun saya merantau dan tidak menggunakan bahasa Tombulu. Oleh karena itu, saya membuat blog ini untuk mengingat-ingat lagi bahasa "leluhur" saya sambil berharap ada yang mau membantu saya untuk memperdalam bahasa Tombulu.

      Hapus
    2. Kalo "Angko" apa dg dpe arti?

      Hapus